LANDASAN PENTING PENDIDIKAN ANAK

Ada beberapa landasan diperlukan dilakukan pendidikan keimanan pada anak usia balita, di antaranya adalah, Al Quran Surah al-Tahrim ayat 6, Al Quran Surah al-Taghabun ayat 14, dari 2 ayat di atas bisa kita simpulkan bahwa sebuah kebahagian agung yang merekahkan hati setiap orang tua, apabila ia dikaruniai seorang anak yang salih dan salihah. Ini adalah salah salah satu pilar terpenting bagi terwujudnya keluarga sakinah, sebuah keluarga bahagia yang meneduhkan hati penghuninya.

Tetapinya anak-anak shalih salihah hanya akan menjadi harapan belaka, bila tidak disertai dengan usaha mendidiknya dan mengarahkannya menjadi insan yang mengerti dan menjalankan perintah agamanya sejak kecil sejak usia dini.
Muhammad Albani mengutip pendapat Ibnu Katsir yang mengatakan bahwa keturunan atau anak akan menjadi penyejuk hati apabila ia tumbuh menjadi anak yang taat kepada Allah, tekun beribadah, menjalankan perintah Allah dan Rasul-Nya, menjauhi segala apa yang dilarang dan diharamkan-Nya.
Menjaga diri dan keluarga termasuk anak dari jalan-jalan yang mengarah kepada neraka adalah kewajiban bagi setiap orang tua. Karena dengan terjaganya diri orang tua maka akan bisa menjaga keluarganya. Hanya anak yang menjalankan perintah ajaran agama dengan baik dan memiliki akhlakul karimah yang dapat menjadi penyejuk hati. Dan siapa lagi yang bertanggung jawab terhadap hal tersebut kecuali kedua orang tuanya.

4. Hadis nabi yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah, yang berbunyi:
ألا إن فى الجسد مضغة إذا صلحت صلح الجسد كله و إذا فسدت فسد الجسد كله ألا وهي القلب
5. Hadis nabi yang berbunyi:
ما من مولود الا يولد على الفطرة فابواه يهودانه و ينصرانه و يمجسانه (وفى رواية: يشركانه) (رواه مسلم عن ابى هريرة)
Menurut hadis di atas, hati (qalbu) adalah motor penggerak laku tubuh. Jika hati selalu terdidik dalam ketaatan kepada allah, maka jasad, akan mudah dan ringan diajak tunduk kepada-Nya untuk menjalankan segenap perintah agama. Apabia di kaitkan dengan agenda pendidikan anak, hadis tersebut di atas memuat petunjuk Rasulullah saw., yang sangat penting bagi para pendidikan dan orang tua tentang bagaimana seharusnya mendidik anak secara benar agar anak salih dan salihah.
Peranan orang tua terutama ibu terhadap pembentukan kepribadia anak sangat dominan. Bila anak tidak mendapatkan pendidikan moral spiritual di rumah secara baik, maka kemiskinan akhlak pada diri anak sebenarnya sudah tersemaikan sejak awal dari rumah.
Demikian beberapa landasan dari ayat Alquran dan hadis yang dapat dijadikan pegangan dan dasar oleh orang tua dan pendidik untuk mendidik anak sejak kecil tentang pengetahuan agama (yang tentunya disesuaikan dengan tingkat umur anak). Bahkan yang terpenting adalah menanamkan iman di dalam hatinya, sehingga dengan tertanam dan tumbuhnya iman ia akan mudah menjalankan perintah agama dan akhirnya mempermudah kita untuk mengajar pelajaran lainnya di tahap berikutnya.
Tidak jauh dari landasan maka tujuan yang diinginkan dari pendidikan tersebut adalah terciptanya insan yang bertakwa kepada Allah. Demikian sudah terangkum dalam firman Allah dalam surah al-Dzariyat ayat 56:

Comments

Popular Posts